7 Keajaiban Dunia Terbaru 2019 Beserta Sejarahnya

Untuk Anda yang hobi travelling pasti ingin menjelajah seluruh dunia termasuk 7 keajaiban dunia terbaru di tahun 2019 ini. Keajaiban dunia yang dimaksud disini adalah suatu situs atau bangunan yang diciptakan oleh manusia tetapi bangunan tersebut memiliki sejarah yang menakjubkan. Maka dari itu, tempat/situs/bangunan patut dinobatkan sebagai keajaiban dunia. Nah, dan di tahun 2019 ini, ada beberapa keajaiban dunia terbaru lho. Dimana sajakah itu?

Sistem penilaian 7 keajaiban dunia

Sebelumnya perlu diketahui dulu, dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia terbaru pasti telah melalui banyak proses. Ya, penobatan ini bukan sembarang, namun melewati begitu banyak penilaian.

Adapun organisasi yang merilisnya adalah New 7 Wonders Foundation. Organisasi ini berkantor di Portugis tepatnya di Lisbon. Sistem penilainnya yakni dengan melakukan voting terhadap lebih dari 100 juta orang. Voting ini dilakukan untuk memilih 21 bangunan penting dalam sejarah yang ada di seluruh penjuru dunia. Nah, nantinya dari ke-21 itu terpilihlah 7 tempat. Dan inilah yang kemudian dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia.

Semakin terkenalnya keajaiban dunia ini maka akan semakin banyak orang yang akan menjaganya. Ya, ini adalah sebuah proyek penting agar anak cucu bisa melihat keajaiban dari sejarah dimasa lalu.

Untuk masalah hasil, dari tahun ke tahunpun hasilnya bisa saja berbeda. Ada kemungkinan akan ada keajaiban dunia lagi yang masuk dan menggeser daftar 7 besar lainnya seiring dengan semakin banyak terkuaknya sejarah masa lalu.

Lantas bagaimana jika dalam situs tersebut ada bagian yang hilang? Hal ini tidak masalah, karena yang penting adalah sejarahnya. Mayoritas memang situs bangunan yang ‘ajaib’ yang ada sekarang ini beberapa bagiannya sudah hilang seiring berjalannya peradapan. Misalnya saja relief atau beberapa bagian patung yang hilang. Namun jangan khawatir, karena ini bukan berarti Kita tidak bisa lagi melihat wujudnya.

Dari data-data poinqq sejarah yang ada, para sejarahwan pun kemudian mereplika beberapa situs atau tempat yang masuk daftar keajaiban dunia ini hingga akhirnya meskipun sudah berumur ratusan tahun, kita masih bisa melihatnya seperti aslinya.

Daftar 7 keajaiban dunia terbaru 2019

Seperti, yang Kita ketahui bersama, saat ini banyak lokasi atau situs yang didaftarkan untuk menjadi salah satu dari keajaiban dunia tersebut. Dan diantara begitu banyak situs atau tempat, berikut ini adalah 7 keajaiban dunia terbaru 2019 menurut versi New 7 Wonders Foundation:

  1. Christ The Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil
    Atau yang biasa disebut patung Kristus Penebus ini terletak di atas gunung yang bernama Corcovado. Christ the redeemer ini mempunyai ketinggian 38 meter dan katanya membutuhkan 5 tahun untuk menyelesaikannya. Christ the redeemer ini  resmi dibuka pada tanggal 12 Oktober 1931. Makna tangan patung terbuka tersebut memberikan kehangatan penduduk masyarakat Brasil dan menerima segala  pendatang atau wisawatan.
  2. Tembok Besar China
    Tembok besar China ini dibangun guna menghubungkan benteng pertahanan dan bertujuan menjaga China dari penyerangan yang dilakukan Suku Mongol. The Great Wall Of China ini mulai dibangun pada 722 SM.
    Tembok besar China ini adalah bangunan tembok terpanjang pada zaman sejarah manusia. Menurut, Badan survei RCC tahun 2009, panjangnya mencapai 8.850 km. Dan merupakan Situs Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.
  3. Machu Picchu di Peru
    Ini adalah sebuah kota yang dibangun oleh kerajaan Inka pada tahun 1450. Adanya Machu Picchu ini dikarenakan runtuhnya kerajaan Inka terletak di pegunungan di kota Peru. Dan ditinggalkan setelah 100 tahun kemudian saat Spanyol menaklukkan kerajaan Inka. Dalam bahasa Indonesia, Machu Pichu adalah gedung tua.
  4. Petra di Yordania
    Merupakan kota yang memiliki ciri khas ukiran dinding pada tebing berbatu. Petra adalah ibukota dari kerajaan Nabatean dimana kerajaan ini dibangun pada tahun 9 SM-40 M oleh Raja Aretas IV. Bangunan ini ditemukan oleh Johann Ludwig Burckhardt tahun 1812.
  5. Pyramid at Chichen Itza, Meksiko
    Adalah bangunan yang berbentuk piramida. Bangunan  yang berada di Semenanjung Yucatan Meksiko ini dipercaya sebagai pusat kegiatan ekonomi dan politik bangsa Maya. Chichen Itza dibangun sekitar tahun 800 SM dan ditetapkan oleh UNESCO tahun 1988 sebagai situs warisan dunia.
  6. Roman Colosseum di Roma, Italia
    Bangunan colosseum ini  biasanya digunakan penyelenggaraan pertunjukan spektakuler pertarungan antara binatang, atau pertarungan gladiator. Situs ini ada di Kota Roma Italia dan dibangun oleh Kaisar Vespasian tahun 72 Masehi dan diselesaikan oleh anaknya Titus tahun 80 Masehi. Colosseum ini berbentuk elips dan menjadi warisan dunia tahun 1980.
  7. Taj Mahal Agra di India
    Taj Mahal Agra ini dibangun oleh Kaisar Mughal V untuk mengenang istrinya yang wafat ketika melahirkan anak mereka yang ke-14 bernama Gauhara Begum. Monumen ini dibangun pada tahun 1630 dan selesai tahun 1653. Selain itu, juga berfungsi sebagai masjid untuk masyarakat sekitar.

Itulah 7 kejaiban dunia terbaru 2019 dan beberapa sedikit sejarahnnya. Mungkin sejarahnya kurang begitu lengkap secara detail. Anda bisa mencari buku atau referensi lain yang memuat 7 keajaiban dunia terbaru diatas.

Meskipun ada diluar negeri. Tetapi tidak salahkan ingin berkunjung melihat anugerah yang dibuat manusia yang begitu menakjubkan diatas. Nah, mengingat karena ini termasuk situs atau lokasi yang bersejarah dan masuk kategori ‘ajaib’ maka jika kita berada di lokasi tersebut, hendaknya jangan sampai merusak ataupun membuang sampah seenaknya sendiri. Karena tempat itu suatu sejarah yang harusnya memang dilindungi dan dirawat. Semoga anak cucu Kita bisa melihat 7 keajaiban dunia terbaru itu. Dan semoga tetap ada sampai nanti.